RANCANG BANGUN TRAINER MOTOR DC UNTUK PRAKTIKUM TEKNIK TENAGA LISTRIK BERBASIS PLC DAN HMI

PERANCANGAN DC DRIVE

Authors

  • Afif Sarifudin Jurusan Teknik Elektro STTDB (Duta Bangsa)
  • Agus Darwoko Jurusan Teknik Elektro STTDB (Duta Bangsa)
  • Ari kuswantori Jurusan Teknik Elektro STTDB (Duta Bangsa)

Keywords:

Pengisian Botol, PLC Mitsubishi A1S, HMI Pro-face, Flow sensor AICHI, Proximity sensor, Selenoid, Motor

Abstract

Dalam perkembangan teknologi saat ini, sebuah industri dituntut agar dapat menghasilkan produktivitas yang cepat, akurat dan efisien. Begitu juga dengan industri minuman kemasan botol. Pada rancang bangun mesin filling yang dapat memproduksi air minum kemasan secara otomatis dengan beberapa tahap proses yang akan dijalankan, yaitu proses pengisian air pada botol, proses penutupan botol, proses pelabelan dan proses pengemasan.
Tahapan proses pada mesin filling botol ini akan di kendalikan dengan basis PLC (Programmable Logic Control) Mitsubishi A1S sebagai pengatur sistem kerja otomatis dan HMI (Human Machine Interface) PROFACE sebagai penghubung antara manusia dengan mesin. Dengan adanya PLC dan HMI sebagai kontrolnya, semua komponen masukan, keluaran, bahkan jumlah pengisian bisa diatur dan dikendalikan hanya dari tampilan HMI saja.
Dengan menggunakan sistem otomatisasi pada mesin ini, maka kita dapat memperkecil biaya produksi tanpa mengurangi hasil dari kualitas dan kuantitas produksi.

Downloads

Published

2019-12-01