ANALISA KINERJA MOTOR TYPE GL200 SPORT DENGAN MODIFIKASI BORE UP (0,7 mm)

Authors

  • Yulia Widhianti Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Zainal Abidin Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Kinerja Motor, Modifikasi,, bore up

Abstract

Masa sekarang ini sepeda motor selain digunakan untuk transportasi juga digunakan sebagai hobi para anak muda untuk unjuk kinerja mesin yang prima dimana performa mesin sepeda motor bisa jauh lebih besar lagi dari yang standarnya, salah satu caranya yaitu dengan memperbesar lubang silinder pembakaran ( bore up ) atau yang bisa disebut dengan oversize, yakni pembesaran maksimal pada lubang silinder yang nantinya akan di pasangkan dengan piston yang diameternya lebih besar dari ukuran sebelumnya. Dalam alasan tersebut dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya maksimum, torsi maksimum serta tekanan rata-rata pada type sepeda motor GL 200 sport yang di bore up 0.75mm
Dalam menyusun penelitian ini menggunakan dua metode yaitu motode analisa serta metode pengujian langsung dengan pengujian dynotest pada sepeda motor yang sudah di modifikasi dengan menggunakan bahan bakar pertamax sehigga dapat menghasilkan data yang lebih spesifik.
Maka hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian dynotest yaitu, daya tertinggi terjadi di 13,06 kW pada putaran 8000 rpm, torsi tertinggi terjadi di 16,2 N.m pada putaran 7000 rpm serta tekanan tertinggi terjadi di 1008,12 kPa pada putaran 7000 rpm.

Downloads

Published

2023-02-02