TRAINER ELEKTRONIKA DAYA“ PERANCANGAN RANGKAIAN RECTIFIER AC TO DC

Authors

  • Abraham Sepian Handoko Putra PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Mochammad Mulia PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Agus Darwoko PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Elektronika Daya, Rangkaian Rectifier AC to DC,, Penyearah Terkendali

Abstract

Elektronika Daya merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari dan membahas aplikasi elektronika yang berkaitan dengan peralatan listrik yang berdaya cukup besar. Dimana dalam pembuatan Trainer Elektronika Daya penulis membuat bagian AC to DC. Penelitian dengan judul “Rangkaian Rectifier AC to DC” memiliki rumus masalh bagaimana mengetahui konsep rangkaian Rectifier AC to DC. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari tentang cara kerja rangkaian penyearah gelombang penuh, setengah gelombang dan penyearah terkendali.
Pengujian ini menggunakan Studi Pustaka serta format tanya jawab. Sumber data untuk simulasi data untuk simulasi ini diperoleh dari buku – buku refrensi, baik e- book maupun hardcopy, yang relevan dengan simulasi. Sementara itu, data diperiksa dengan menggunakan tes yang membandingkan data perhitungan dengan tes hasil sebenarnya.
Berdasarkan Analisa diperoleh kesimpulan, dengan melakukan pengujian pada penyearah tetap yaitu setengah gelombang dan gelombang penuh (full wave) memiliki gelombang yang berbeda dan sangat berpengaruh pada keluaran VDC yang dihasilkan. Sedangkan Penyearah terkontrol dilakukan pengujian pada 1.2 v – 11.8 v sudut penyalaan bohlam lampu pada voltase 1.2 v dan dapat diatur dengan triggering SCR yang akan diberikan pada gate SCR, sehingga terjadinya pergeseran sudut fasa.

Downloads

Published

2023-02-02