ANALISIS KEMAMPUAN SISTEM HIDROLIK PADA CLAMP MOLD MESIN BLOW MOLDING DAE 75

Authors

  • Alfian Ady Saputra Program Studi Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Gaya clamp, Tekanan oli, Diameter Actuator, Debit dan Daya pompa

Abstract

Sistem clam mold mesin blow molding pada perusahaan yang kami ambil datanya sangat vital dalam operasinya sebagai kebutuhan adalah gaya clamp F = 19.6 KN, dan tekanan oli p = 24.5 Mpa. Apakah ukuran- ukuran dan spesifikasi actuator maupun pompa yang dipakai sesuai dengan kebutuhan berdasarkan perhitungan yang benar.
Dalam analisis ini yang dipakai sebagai dasar perhitungan adalah gaya pencekaman F = 19.6 KN. Dan tekanan oli p = 24.5 Mpa. Kemudian di hitung ukuran-ukuran dan kinerja bagian dari actuator dan pompa, hasil tersebut di bandingkan dengan data spesifikasi yang ada apakah hasilnya sesuai dengan data spesifikasi yang ada.
Hasil dari perhitungan untuk diameter piston d = 30 mm, Spesifikasi , untuk perhitungan debit pompa untuk 6 actuator Q = 1.40 liter/menit, Spesifikasi debit pompa Q = 1.40 liter/menit. Dan untuk daya output pompa P = 0.764 HP, Spesifikasi pompa P = 1.24 HP. Dari hasil tersebut maka spesifikasi komponen pada alat pencekaman sesuai dengan hasil perhitungan, maka dikatakan layak dan tidak perlu modifikasi.

Downloads

Published

2019-06-01