RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN PADA PT MULTISTRADA ARAH SARANA Tbk

Authors

  • Redi Setiadi Program Studi Teknik Informatika, STT Duta Bangsa
  • Steven Antonius Mandagi Program Studi Teknik Informatika, STT Duta Bangsa

Keywords:

PT Multistrada Arah Sarana Tbk, Sistem Persediaan, Sparepart, Laporan

Abstract

Manajemen persediaan (inventory management) sparepart merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam perusahaan, Ketersediaan sparepat harus selalu terjaga untuk menjamin kelancaran proses produksi. Di PT multistrada Arah Sarana Tbk khususnya di bussines unit 5 dept machine maintenance saat ini masih menggunakan kontrol data sparepart secara manual yakni dicatat pada kertas yang tersedia pada rak sparepart ataupun buku laporan.
Dengan metode kontrol sparepart secara manual tersebut sering terjadi permasalah pada kontrol sparepart. Terutama jika buku laporan tersebut hilang atau rusak, maka laporan penggunaan sparepart tidak diketahui. Hal tersebut menjadi masalah, karena kontrol sparepart menjadi tidak efektif.
Dengan permasalahan diatas penulis mencoba meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode field research yaitu observasi, studi kepustakaan, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Adapun teknik pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, dan perancangannya menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Flowmap dan Flowchart. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi persedian sparepart dengan hak akses admin, user dan manager. Sistem ini mencakup kontrol sparepart masuk dan keluar serta laporannya. Sistem ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah kontrol sparepart yang tidak efektik.

Downloads

Published

2023-02-02