PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUKSI

Authors

  • Novi Ika Sari Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Dedi Wirasasmita Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Sakiran Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Sistem Informasi, Persediaan, Bahasa Pemrograman Java

Abstract

Pengolahan data dari persediaan barang dan pemakaian barang produksi menjadi tolak ukur untuk dijadikan sebuah informasi bagi perusahaan untuk kemajuan perusahaan tersebut. Manfaat sistem informasi adalah sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan manajerial dan pendukung operasional pekerjaan. Persediaan dapat diartikan sebagai barang-barang yang disimpan untuk digunakan atau dijual pada masa atau periode yang akan datang.
Java merupakan pemograman yang sangat populer karena rentang aplikasi yang bisa dibuat menggunakan bahasa ini sangat luas, mulai dari komputer hingga smartphone. Java bersifat Write Once, Run Anywhere (program yang ditulis satu kali dan dapat berjalan pada banyak platform). Sama seperti pemograman pada umumnya, Java merupakan bahasa pemograman yang mampu bekerja dengan sebuah database.
Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk pengembangan sistem ini adalah metode pengembangan sistem dengan metode Rapid Application Development (RAD). RAD (Rapid Application Development) sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan pengembangan melalui keterlibatan pengguna yang ekstensif dalam konstruksi, cepat, berulang dan bertambah serangkaian prototipe atau prototipe bekerja sebuah sistem yang pada akhirnya berkembang kedalam sistem final (atau sebuah versi).

Downloads

Published

2023-02-07