RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR DI TOKO WISTORE MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 2010

Authors

  • Achmad ilmi Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Dedi Wirasasmita Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Chindy Herumawan Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Sakiran Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Aplikasi Kasir, Penjualan, Visual Basic

Abstract

Pada zaman ini teknologi semakin canggih dan modern. Setiap orang dituntut harus cepat dan akurat dalam bekerja, dalam dunia bekerja mesin atau teknologi semakin berkembang, sama halnya dengan sistem transaksi pada perusahaan toko wistore, saat ini toko tersebut belum mempunyai sistem secara komputerisasi. Sehingga dalam pembuatan nomor struk atau kwitansi menggunakan sistem manual yaitu dengan tulis tangan, hal ini dapat menyebabkan nomor sama atau double. Juga pada pembuatan laporan setiap kwitansi yang masuk ditumpuk pada sebuah map. Hal ini juga dapat menyebabkan struk tersebut bisa hilang, terselip atau rusak. Pada penelitian tersebut diangkat judul “Rancang Bangun Aplikasi Kasir di Toko Wistore Dengan Menggunakan Visual Basic 2010” yang bertujuan dapat mempermudah dalam membuat nomor transaksi serta laporan penjualannya.
Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan penelitian langsung pada toko wistore. Kemudian menganalisis sistem yang sedang berjalan dan dilanjutkan dengan perancangan aplikasi dan dilanjutkan tahap implementasi.
Hasil dari penelitian yaitu sebuah aplikasi kasir yang mempermudah seorang kasir dalam transaksi dan juga untuk mempermudah dalam laporan penjualan seperti struk sudah tersistem penomorannya dan laporan penjualan tersimpan dalam database dan bisa di cetak atau print.

Downloads

Published

2023-02-13