MONITORING AIR INFUSE BERBASIS ARDUINO DAN BLUETOOTH

Authors

  • Moch Kanzul Fikri P Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Sudirman Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Arduino Mega 2560, Proximity switch kapasitif, Module HC05

Abstract

Banyaknya jumlah pasien yang meningkat akibat wabah covid-19 menyebabkan petugas medis kualahan dalam mengontrol paasiennya, sangat diperlukan pengonrolan yang secara mudah guna memberikan effisien dalam pengontrolan pasien. Dari sini timbul ide untuk membuat alat monitoring air infus secara otomatis guna memberikan kemudahan petugas dalam pengontrolan cairan infus dikarenakan protokol kesehatan yang begitu ketat agar mengurangi jarak temu dengan pasien yang dirawat, petugas akan dibuat mudah tanpa mengecek cairan infus langsung ke pasien.
Perangcangan dilakukan dengan cara membuat hardware diteruskan membuat software lalu memprogramnya ke dalam arduino, dan hardware yang telat dirakit dipasang pada setiap pin-pin board arduino. Langkah selanjutnya adalah menguji alat tersebut.
Hasil dari pengujian dan pembuatan program yang dibuat telah berjalan sesuai yang diharapkan. Jarak sensing proximity switch dengan kantong infus yaitu 1-19 mm dan jarak jangkauan Bluetooth pada alat monitoring yaitu 9 Meter setelah 10 meter alat tidak terdeteksi.

Downloads

Published

2022-06-01