RANCANG BANGUN ALAT UJI SISTEM PENGEREMAN CAKRAM

Authors

  • Rizki Aditya Prayogi Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Taufik Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Eko Kiswoyo Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Rudi Rusdiyanto Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

Alat Uji, Pengereman Cakram

Abstract

Rem merupakan salah satu factor keselamatan pada saat berkendara Untuk mengurangi tingkat terjadinya kecelakaan pada saat berkendara di jalan raya, pengendara sebaiknya memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Ada beberapa penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya yaitu diantaranya, kecerobohan pengguna jalan raya, kondisi jalan yang buruk, serta kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi motor yang tidak prima, seperti lampu penerangan yang kurang, kurangnya perhatian terhadap kendaraan bermotor seperti perawatan berkala, dan ada juga kecelakaan yang akibatkan rem blong.
Pada tahap perancangan memilih desain konsep sangat penting dengan memperhatikan jumlah komponen seminimal mungkin tanpa menyampingkan kegunaan utamanya. Komponen utama dari alat penguji ini adalah, motor listrik, kaliper, piringan cakram, master rem, dan bearing, dan tahap perakitan,kesulitan terjadi pada pemasangan poros piringan cakram, dikarenakan kondisi poros motor listrik dan poros piringan cakram harus sejajar, hal ini dikarenakan apabila tidak sejajar akan menghambat putaran poros yang dapat berdampak pada usia pakai motor listrik yang digunakan.
Dalam penyelesaian pembuatan alat uji sistem rem yaitu dengan menentukan gaya pengereman,setelah itu dilakukan perhitungan untuk menentukan daya motor yang akan di beli sebagai penggerak roda. Dari hasil perhitungan maka disimpulkan yaitu gaya pengereman 50 N, tekanan oli 2,49 N/mm2 Gaya pengereman pada slinder bawah dengan koefision gesek 0,3 yaitu 2606,2 N daya motor 3909,34 watt berpengaruh besar pada putaran.

Downloads

Published

2023-02-13