Fuel Management Technology Dengan Mengaplikasikan Logic Panel Autonics Type LP-S070 Pada Pertambangan Batubara

Authors

  • Junianto Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Ahmad Faridh Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Aji Pranowo Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Keywords:

LP-S070, DAQMaster, Batubara,, Fuel dispenser

Abstract

Dalam pertambangan batubara penggunaan kendaran memiliki bentuk fisik yang besar agar dapat membawa material cukup banyak sehingga tidak memakan waktu cukup lama dalam penambangan. Kendaraan ini memiliki kapasitas mesin yang besar disamping itu konsumsi bahan bakar yang dapat dihabiskan selama melakukan penambangan sangatlah banyak. Pada unit-unit tambang memiliki tanda pengenal berupa nomor unit sebagai identitas kendaraan yang melekat di kendaraan tersebut nomor unit inilah yang nantinya akan di rekam dalam penggunaan bahan bakar. Pada pengaplikasian dilapangan bahan bakar tersebut sangat rentan dari penyalah gunaan bahan bakar dimana bahan bakar tersebut di ambil untuk di jual pada pihak lain akibatnya dapat merugikan perusahaan tambang.
Fuel management technology adalah salah satu solusi agar penggunaan bahan bakar dapat di jaga, dikendalikan, dan dipantau secara real-time sehingga pengguan bahan bakar lebih tepat sasaran. Data-data yang dihasilkan pada peralatan tersebut dapat disimpan untuk keperluan pengembangan maupun data rekaman penggunaan bahan bakar sehingga dapat mengurangi penyalah gunaan bahan bakar.
Perancangan alat fuel management technology menggunakan autonics human machine interface dengan tipe LP-S070 sebagai perangkat utama, untuk menampilkan berbagai indicator yang dapat di operasikan oleh seorang operator, tidak hanya sebagai media interface. LP-S070 juga difungsikan sebagai programmable logic controller, perangkat yang dibuat dinamakan fuel dispenser dalam bentuk prototype, fuel dispenser tersebut dapat berkomunikasi dengan software data akuisisi autonics DAQ Master, untuk memantau dan mengendalikan penggunaan bahan bakar, di software DAQ Master data-data yang di tampilkan terlihat secara real-time, tak hanya itu data dan informasi direkam secara automatis kedalam sistem komputer dalam hal ini media penyimpanan data yang dipergunakan adalah microsoft access dan microsoft excel dengan format database dan CSV file.

Downloads

Published

2019-06-01